Rabu, 10 Juni 2009

Mengenal HTML

HTML (HyperText Markup Language) adalah bahasa yang digunakan untuk membuat halaman web di internet. HTML memungkinkan kita untuk menampilkan teks, gambar, link ke halaman lain, membuat form isian, menyisipkan video, suara, dan bermacam - macam format yang lainnya.


Disini kita akan mengulas dasar-dasar Tag HTML
1. Heading
2. Paragraf
3. Pengaturan Huruf
4. Warna Dokumen
5. Link
6. Menampilkan Gambar
7. Menggunakan Tabel
8. Cellpadding dan Cellspacing
dan seterusnya.

Struktur Dokumen HTML

Dokumen HTML sebenarnya hanya berupa file teks biasa yang dilengkapi dengan tanda-tanda khusus seperti (tag)yang menentukan bagaimana teks tersebut ditampilkan. karena itu, dokumen HTML dapat dibuat menggunakan teks editor sederhana seperti Notepad, EditPlus, vi, dan sebagainya. Namun sekarang ini telah banyak visual editor untuk HTML seperti: Microsoft Front Page, Macromedia Dreamweaver, Adobe GoLive, dan lain-lain.

Tag HTML biasanya adalah tag-tag yang berpasangan dan ditandai dengan simbol '<>', sedangkan pasangan atau akhir perintah dari sebuah tag ditandai dengan tanda'/', misalnya pasangan dari tag adalah .

Dokumen HTML biasanya disimpan dengan extension .htm atau .html. Untuk membuka dokumen HTML ini, diperlukan sebuah web browser. Contoh web browser yang banyak dipakai adalah: Microsoft Internet Explorer, Netscape Navigator, Opera, Mozilla Firefox, dan sebagainya. Berikut ini adalah sebuah contoh dokumen HTML sederhana.

note:"Click gambar ini jika kurang jelas!"
tag html
Jika dokumen dibuka pada browser akan tampak seperti dibawah ini;

Dokumen HTML dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu bagian kepala (HEAD) dan tubuh (body). Bagian kepala ditandai dengan tag Pada bagian ini biasanya diisi dengan informasi-informasi tambahan yang berguna bagi web browser ketika menampilkan halaman tersebut, atau informasi untuk search engine. Bagian tubuh diapit tag Isi dokumen dan tag-tag HTML lainnya diletakkan dibagian ini.

Salah satu elemen penting yang terletak pada bagian head adalah title. seperti tampak pada contoh diatas, teks yang diapit tag ditampilkan pada title bar web browser.

Untuk berikutnya dapat anda lihat di menu arsip klik disini


Raymond Software
http://www.healthygenerationz.com
http://www.raymond-software.blogspot.com

Tidak ada komentar: